Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Psikologi Klinis Indonesia

					Lihat Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Psikologi Klinis Indonesia

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia kekuatan untuk menerbitkan Jurnal Psikologi Klinis Indonesia (JPKI) edisi 5, Nomor 2, Juli 2020 ini. Sungguh ini bagi kami adalah sebuah keajaiban di tengah pandemi. Kita semua menyadari bahwa masa ini adalah masa yang penuh tantangan untuk menjadi tetap produktif. Namun semangat teman-teman anggota IPK dan peneliti di bidang psikologi untuk tetap mengirimkan tulisan-tulisan berkualitas kepada kami, memicu kami untuk terus bekerja.

Pada edisi kali ini, JPKI meliput topik yang beragam dari gangguan mental yang umum seperti anxietas hingga psikotik. Inovasi dalam hal terapi masih menjadi topik utama yang mewarnai edisi ini. Hal ini sangat menjawab kebutuhan profesional psikologi klinis, mengingat dinamika di lapangan menggambarkan hal serupa. Kita sebagai psikolog klinis yang berdedikasi selalu mencari evidence based therapy.

Topik tentang gangguan mental yang umum atau populer seperti tentang emosi-emosi negatif membantu para anggota untuk memberikan wawasan menghadapi kasus-kasus yang umum. Sedangkan topik paranoia pada psikotik juga menjadi topik penting untuk memperdalam wawasan anggota mengingat peran kita dalam penanganan psikotik semakin dibutuhkan. Keberhasilan pemerintah dalam program bebas pasung sebenarnya sedikit banyak juga ditentukan oleh kesiapan psikolog klinis dalam meningkatkan keterlibatannya.

Tak lupa edisi ini juga mengulas isu-isu sepanjang rentang kehidupan. Perkembangan manusia merupakan kerangka kerja WHO dalam kesehatan mental, oleh karena itu peningkatan pengetahuan tentang rentang kehidupan masih harus terus kita tingkatkan. Isu-isu di masyarakat seperti kekerasan di dalam rumah tanggal juga mengharapkan solusi-solusi konkret dari psikolog klinis. Edisi ini juga menjadi salah satu kontribusi konkret tersebut.

Demikian, jika jurnal edisi ini masih ada banyak kekurangan, mohon dimaafkan. Kami menanti kontribusi hasil penelitian-penelitian bermutu untuk meningkatkan kualitas jurnal ini.

Selamat berjuang teman-teman Mari saling mendukung
Untuk kesehatan mental Indonesia.

Diterbitkan: 01.07.2020