Modifikasi Perilaku dengan Cara Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi pada Anak Retardasi Mental

Penulis

  • Diah Miranti Profesi Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Herlan Pratikto Profesi Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

modifikasi perilaku, retardasi mental, token ekonomi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan intervensi kepada anak retardasi mental. Partisipan adalah seorang anak yang berusia 12 tahun dan bersekolah pada tingkat Sekolah Dasar. Partisipan kurang mampu dalam menjalin hubungan dan relasi sosial dengan teman sebayanya. Hal ini menyebabkan partisipan sering menangis saat di sekolah. Peneliti memberikan intervensi berupa modifikasi perilaku dengan cara token ekonomi sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modifikasi perilaku dengan cara token ekonomi efektif digunakan sebagai media yang dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada anak retardasi mental.

Unduhan

Diterbitkan

01.07.2020