SUPPORT GROUP THERAPY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA SISWA YANG MENGALAMI BULLYING

Penulis

  • Putri Nilam Bachry Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia
  • Libbie Annatagia Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia

Kata Kunci:

support group therapy, kecemasan, bullying, eksperimen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas support group therapy untuk mengurangi kecemasan pada siswa yang mengalami bullying. Pengukuran tingkat kecemasan menggunakan Beck Anxiety Inventory (BAI). Pemberian intervensi support group therapy ini menggunakan pedoman dari Suprobo, dkk (2015). Asesmen yang dilakukan yaitu wawancara dengan guru bimbingan konseling (BK) dan guru bagian kesiswaan serta FGD kepada para subjek. Subjek penelitian ini adalah 5 orang siswa SMP X yang mengalami bullying yang berada pada kategori kecemasan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest control group design. Metode analisis data yang digunakan adalah non-parametrik dengan menguji perbedaan skor pre-test dan post test pada kelompok eksperimen. Tahapan dalam terapi ini yaitu penggalian masalah, sesi sharing, pemberian feedback antar subjek, serta evaluasi terhadap terapi yang telah dilakukan. Hasil menunjukkan bahwa support group therapy tidak menunjukkan hasil signifikan yaitu (p= 0.138). Namun, saat dilakukan follow up menunjukkan hasil yang efektif untuk menurunkan kecemasan pada siswa yang mengalami bullying (p= 0.042).

Unduhan

Diterbitkan

01.08.2019