HUBUNGAN SPIRITUALITAS DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK PRIA KELAS IIA TANGERANG

Penulis

  • Bene Essa Uri Munthe Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Maslihah Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Chotidjah Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

spiritualitas, psychological well-being, anak didik pemasyarakatan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Spiritualitas dan Psychological Well-Being pada Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria Kelas IIA Tangerang. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi. Sampel penelitian terdiri dari 105 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang telah disusun oleh peneliti sendiri. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan 1) spiritualitas dan psychological wellbeing pada Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria Kelas IIA Tangerang berada pada kategori cukup tinggi, 2) hasil analisis korelasi menunjukkan korelasi yang signifikan antara spiritualitas dan psychological well-being (r=0.570; p=0.00), 3) spiritualitas memiliki korelasi positif yang cukup signifikan terhadap dimensi psychological well-being, 4) spiritualitas memiliki korelasi paling tinggi terhadap dimensi pertumbuhan pribadi (r=0.609; p=0.000) atau memberikan konstribusi sebesar 37.08% dan memiliki korelasi paling rendah terhadap dimensi kemandirian (r=0.271; p=0.000) atau memberikan kontribusi hanya sebesar 7.34%. Faktor demografis seperti tingkat pendidikan dan masa hukuman yang telah dijalani tidak memiliki perbedaan yang signifikan pada variabel psychological well-being.

Unduhan

Diterbitkan

01.06.2017